Indonesia Pertahanan Tradisi Emas Di APhO Tel Aviv

Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) sukses mempertahankan tradisi emas dengan memperoleh 1 medali emas dan 2 Honorable Mention (HM) di Asian Physics Olympiad (APhO) ke-12 yang diselenggarakan di Tel Aviv, Israel dari tanggal 1 – 9 Mei 2011. Ada 16 negara yang mengikuti APhO tahun ini yaitu Australia, China, Hongkong, India, Indonesia, Israel, Kazakhstan, Kirgistan, Mongolia, Rusia, Singapura, Sri Langka, Taiwan, Tajikistan, Thailand dan Vietnam.
Tahun ini TOFI hanya mengirimkan 5 siswa ke kompetisi yang sudah berlangsung 12 tahun. Peraih medali emas APhO untuk tim Indonesia adalah Evan Laksono (SMAK IPEKA Tomang Jakarta), sedangkan dua peraih Honorable Mention adalah Erwin Handoko Tanin (SMA Sutomo 1 Medan) dan Limiardi Eka Sancerio (SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang). Kedua siswa lainnya adalah I Wayan Gede Tanjung Krisnanda (SMAN 4 Denpasar) dan Hendra Wijaya (SMA Presiden Cikarang). Tim ini dibina selama 6 bulan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya di Tangerang, Banten dengan dukungan dana dari Surya Institut.

APhO merupakan kompetisi negara-negara Asia yang diprakarsai oleh Prof. Dr. Yohanes Surya pada tahun 2000. Indonesia selalu berpartisipasi sejak APhO pertama kali ini di Indonesia, dan berprestasi sangat baik dengan pencapaian sampai tahun ini adalah 23 medali emas, 15 perak, 27 perunggu dan 35 Honorable Mention (HM). Indonesia selalu meraih medali emas di APhO sejak tahun 2005. Indonesia juga selalu berpartisipasi di International Physics Olympiad (IPhO) sejak tahun 1993 dan meraih 20 medali emas, 18 perak, 25 perunggu dan 15 HM. Indonesia secara konsisten meraih medali emas sejak IPhO tahun 2002.
Tim TOFI di APhO tahun ini dipimpin oleh 3 dosen dari STKIP Surya yaitu Dr. Hendra Kwee, Dr. Zainul Abidin dan Dr. Herry Kwee. Alumni TOFI 2010, Kevin Soedyatmiko dari SMAN 12 Jakarta, juga membantu sebagai salah satu staf tim tahun ini.

Kebanyakan pimpinan tim tahun ini menilai bahwa soal eksperimen APhO ini sangat sulit. Kesulitan utama terdapat pada soal kedua mengenai “Optical Blackbox”, dimana siswa diminta untuk menentukan sifat-sifat optik dari material untuk fabrikasi LCD.
Rombongan TOFI akan kembali ke tanah air pada tanggal 10 Mei 2011 jam 17.25 WIB. (HJK)

sumber : http://www.tofi.or.id/
Category: 0 komentar

0 komentar: